Bisnis Digital merupakan salah satu mata pelajaran pada program keahlian pemasaran. Bisnis digital merupakan segala jenis usaha dimana penjualan produk atau jasanya dilakukan secara daring atau online, baik itu melalui situs website ataupun aplikasi. Mata pelajaran Bisnis Digital pada program keahlian pemasaran berisi kompetensi-kompetensi yang digunakan untuk berkarir di dunia industri saat ini.
Mata pelajaran Bisnis Digital berkontribusi untuk menunjang kompetensi dari lulusan yang akan berkarir di bidang Digital Entrepreneur, Content Writer, Social Media Specialist, Digital Marketing, Staff Merchandising, Customer Service Online, dan Staff Purchasing. Untuk mendukung karir tersebut peserta didik pada Fase F harus kompeten dalam bidang Ekonomi Bisnis dan Administrasi Umum, Marketing, Perencanaan Bisnis, Komunikasi Bisnis, Digital Branding, Digital Onboarding, Digital Marketing, Digital Operation.
Pembelajaran dapat menggunakan berbagai pendekatan, strategi, model, serta metode yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi inisiatif, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, passion, dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik. Model-model pembelajaran yang dapat digunakan, antara lain project-based learning, problem-based learning, discovery and inquiry learning, teaching factory, serta model-model lainnya yang relevan.
Mata pelajaran Bisnis Digital ini tidak semata mata dimaksudkan untuk memenuhi kompetensi hard skill saja, akan tetapi juga menghasilkan insan Indonesia yang memiliki kemandirian serta cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetik, mandiri, kreatif dan bekerja sama serta bertanggung jawab.
Mata pelajaran Bisnis Digital bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skill dan hard skill) melalui beberapa hal berikut ini, yaitu memahami ekonomi bisnis dan administrasi umum; memahami marketing; melakukan perencanaan bisnis; melaksanakan komunikasi bisnis; melakukan digital branding; mengaplikasikan digital onboarding; mengaplikasikan digital marketing; dan mengaplikasikan digital operation.